0

Asal Usul Kehidupan??

Perkembangan Teori Evolusi Darwin

1. Sejarah Singkat Charles Darwin (1809 – 1882)

1831-1836: Perjalanan laut dengan kapal Beagle.
1844: Draft buku “Origin of Species by Means of Natural Selection” telah selesai.
1858: Afred Russel Wallace mengirim manuscript kepada J. Hooker anggota Royal Society, berisi tentang perluasan ide dari Malthus. Makalah bersama oleh Darwin dan Wallace di forum Society.
1859: Publikasi buku “ On The Origin of Species by Means of Natural Selection”
1860: Perdebatan antara Huxley dan Wilbeforce tanpa kehadiran Darwin
Darwin menghabiskan sisa masa hidupnya untuk penelitian dan publikasi buku “Descen of Man” (1871) dan “The Expression of Emotion in Man and Animals” (1871).
Buku “Origin of Species by Means of Natural Selection” yang diterbitkan tahun 1959 ini, menurut indeks sitasi merupakan buku yang paling banyak diacu oleh penulis lain (selain kitab suci) selama ini
 Perkembangan Teori Evolusi

Banyak hal dan pemikiran ahli lain yang mempengaruhi perkembangan teori Darwin, antara lain:

Ekspedisi ke lautan Galapagos ditemukan bahwa perbedaan bentuk paruh burung Finch disebabkan perbedaan jenis makanannya.
Geolog Charles Lyell (1830) menyatakan bahwa batu-batuan di bumi selalu mengalami perubahan. Menurut Darwin, hal-hal tersebut kemungkinan mempengaruhi makhluk hidupnya. Pikiran ini juga didasarkan pada penyelidikannya pada fosil.
Pendapat ekonom Malthus yang menyatakan adanya kecendrungan kenaikan jumlah penduduk lebih cepat dari kenaikan produksi pangan. Hal ini menimbulkan terjadinya suatu persaingan untuk kelangsungan hidup. Oleh Darwin hal ini dibandingkan dengan seleksi yang dilakukan oleh para peternak untuk memperoleh bibit unggul.
Pendapat beberapa ahli seperti Geoffroy (1829), WC Wells (1813), Grant (1826), Freke (1851), dan Rafinisque (1836).
Tahun 1858 Darwin mempublikasikan The Origin yang memuat 2 teori utama yaitu:

1. Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies lain yang hidup di masa lampau.

2. Evolusi terjadi melalui seleksi alam.

Menurut Darwin, agen tunggal penyebab terjadinya evolusi adalah seleksi alam. Seleksi alam adalah “process of preserving in nature favorable variations and ultimately eliminating those that are ‘injurious’”.

Secara umum, tanggapan ahli lain terhadap teori Darwin adalah:

a. Mendapat tantangan terutama dari golongan agama, dan yang menganut paham teori penciptaan (Universal Creation).

b. Mendapat pembelaan dari penganut Darwin antara lain , Yoseph Hooker dan Thomas Henry Huxley (1825-1895).

c. Mendapat kritik dan pengkayaan dari banyak ahli antara lain Morgan (1915), Fisher (1930), Dobzhansky (1937), Goldschmidt (1940) dan Mayr (1942).

Dengan berbagai perkembangan dalam perkembangan dalam ilmu biologi, khususnya genetika maka kemudian Teori Evolusi Darwin diperkaya. Seleksi alam tidak lagi menjadi satu-satunya agen penyebab terjadinya evolusi, melainkan ada tambahan faktor-faktor penyebab lain yaitu: mutasi, aliran gen, dan genetic drift. Oleh karenanya teori evolusi yang sekarang kita seirng disebut Neo-Darwinian atau Modern Systhesis.
.http://grelovejogja.wordpress.com/2007/12/03/teori-evolusi-charles-darwin/

Asal usul kehidupan dari mana serta kapan asal usul kehidupan di bumi ini sampai sekarang masih belum terungkap. Bila kita mengacu kepada teori – teori yang dikemukakan para ilmuwan, masing – masing teori memiliki kelebihan dan kelemahan yang pada akhirnya masih menjadi tanda tanya.  Ini dikarenakan teori evolusi yang menjelaskan tentang asal usul kehidupan juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu :
1.    evolusi tidak dapat didemonstrasikan secara nyata, karena evolusi berlangsung sangat lama dan kapan dimulai atau kapan berakhirpun tidak jelas. Bukti – bukti yang ditunjukkan pun masih belum meyakinkan  karena masih bersifat morfologis dan biokimia.
2.    Tidak ditemukannya fosil secara lengkap sehingga dapat direkonstruksikan atau dijadikan penghubung / perantara megenai urutan dari makhluk hidup sederhana menuju ke kompleks.
3.    Seleksi alam bukan merupakan penyebab utama dan atu – satunya agen evolusi. Berdasarkan percobaan tidak dapat dibuktikan bahwa ikan dapat berevolusi menjadi katak sebagai akibatdari seleksi alam.
Dari beberapa kelemahan tersebut dapat disimpulkan bahwa evolusi mengenai asal usul kehidupan tidak dapat terjawab.darimana mulai kehidupan tersebut dan secara universal,secara rasional,tetap saja belum bisa dibuktikan.

0 komentar:

Back to Top