0

Tugas Pengantar pendidikan

PEMBAHASAN

                                                        Pendidikan Ideal 
Pendidikan ideal merupakan suatu system pendidikan yang memenuhi kriteria –kriteria pokok yang mampu menunjang keberhasilan dari tujuan pendidikan.
Pendidkan ideal pada hakikatnya adalah semangat yang agung dan ideal.Tujuan dari adanya pendidikan idealisme yaitu pada dasar nya untuk membentuk anak didik agar menjadi manusia yang sempurna dalam artian memilik 3 komponen utama yaitu psikomotor(perilaku),afektif(sikap,etika,akhlak),dan kognitif(pengetahuan).
Fundamentalis pendidikan ideal ini dapat di temukan dari pendidikan sebagai salah satu instrument utama dan penting dalam meningkatkan segenap potensi anak menjadi sosok kekuatan sumber daya manusia (a full functional person).
Perlu di tekankan bahwa pendidikan ideal itu bukanlah sekedar membuat peserta didik sopan,taat,jujur,hormat,setia,social,dan sebagainya.tidak juga bermaksud hanya membuat mereka tahu ilmu pengetahuan ,tekhnologa,dan seni serta mamapu mengembangkannya.Tetapi mampu membuat anak didik dengan penuh kesadaran ,baik dengan alat atau tidak ,dalam kewajiban mereka mengembangkan dan menumbukan diri untuk meningkatkan kemampuan serta peran dirinya sebagai individu ,anggota masyarakat,dan umat tuhan.Sehingga mampu menciptakan situasi yang membuat anak didik mau dan dapat belajar atas dorongan sendiri untuk mengembangkan bakat,pribadi,dan potensi-potensi lainnya secara optimal ke arah yang positif.Pendidikan ideal dalam pencapaian tujuan sangatlah diperlukan beberapa faktor pendukung diantaranya lingkungan keluarga,lingkungan tempat menuntut ilmu,dan lingkungan masyarakat.
Dimana faktor-faktor tersebut memiliki peranannya sendiri dalam mendukung pendidikan ideal.Dimana lingkungan keluarga sangatlah penting dalam memulai terwujudnya pendidikan ideal,karenadari lingkungan keluargalah seorang anak mendapatkan dorongan atau motivasi demi terlaksananya pendidikan ideal.Bila lingkungan keluarga mendukung penuh seorang anak untuk mendapatkan pendidikan lebih awal seperti PAUD,TK maka hal tersebut merupakan proses awal dari terwujudnya pendidikan yang ideal.Begitupun,lingkunan tempat anak menuntut ilmu,ini tentunya sangat berpengaruh bagi kualitas maupun kuantitas suatu pendidikan.Dimana dari segi sarana prasarana dan komponen-komponen lainnya yang mendudkung proses pembelajaran bila semua itu terpenuhi maka  pendidikan ideal akan mudah untuk didapatkan dalam memajukan proses pendidikan.
Kemudian lingkungan masyarakat juga berperan dalam pelaksanaan pendidikan ideal.Dimana bila lingkungan di sekitar kita kebanyakan orang-orang yang berpendidikan dan tentunya berakhlak baik ini bisa menjadi contoh tersendiri sehingga bila seseorang berada di ligkungan masyarakat yang berpendidikan maka secara tidak langsung lingkungan tersebut memberikan dorongan untuk kita harus bisa seperti yang lain yang mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi.Dan ini tentunya memberi motivasi kita untuk mendapatkan ataupun melanjutkan pendidikan kita sehingga ada interaksi antar sesame masyarakat di lingkungan kita mengenai suatu pendidikan.Dan dari sinilah kecakapan umumkita dilatih untuk berkemampuan berkomunikasi dalam masyarakat.Jadi secara tidak langsung kita bisa mendapatkan pengetahuan dan ilmu dengan adanya komunikasi dengan lingkungan sekitar.Dan hal ini sangat berpengaruh dalam mendapatkan pendidikan ideal,karena seseorang  bisa di katakana sukses dalam pendidikan nya bila ia juga berhasil ataupun sukses dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan nya baik di lingkungan keluarga,lingkungan tempat menuntut ilmu atau bahkan di lingkungan masyarakat sekitar.Dan tentunya hal ini sangatlah diharapkan bagi setiap orang demi sukses nya dlam pendidikan ideal.
Kemudian lebih lanjut dikatakan bahwa pendidikan ideal harus mengembangakn keterampilan berpikir,untuk maksud ini di butuhkan suatu pelajaran yang terorganisasi dan saling berhubungan satu dengan yang lain.Para anak didik di beri kesempatan untuk mengembangkan pola dan teknik berpikir.Selanjutnya fungsi dari adanya pendidikan ideal tersebut untuk menciptakan dan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas,berkuantitas dan berakhlak baik. Dengan adanya pendidikan ideal maka tiap orang akan mampu untuk mengembangakn potensi-potensi diri dan mengaplikasikannya di lingkungan masyarakat serta mampu melatih diri untuk berpikir atau memandang  suatu permasalahan secara luas dalam hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi kemajuan pendidikan nasional diu masa mendatang. Karena adanya pendidikan ideal akan memberikan kontribusi tersendiri bagi dunia pendidikan. Apalagi bagi pedomaan pendidikan yaitu ciriculum hal ini bisa dijadikan patokan dalam mencapai terwujudnya pendidikan ideal. Kurikulum pendidikan bisa dijadikan sebagai media dalam artian kurikulum harus mampu mengeluarkan kebijakan – kebijakan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan global dan tentunya mengimbang sejauh mana kemampuan anak didik dalam melaksanakan kebijakan – kebijakan kurikulum. Itu semua perlu di perhatikan agar aturan dalam kurikulum tidak membebani anak didik. Justtru dilaksanakan demi tercapainya kemajuan dan perubahan dunia pendidikan ke yang lebih ideal.  
                

0 komentar:

Back to Top