0

Jaringan Ikat

Pengertian Jaringan
Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jadi, jaringan hampir dimiliki oleh makhluk hidup bersel banyak (multisluler).


Jaringan Ikat
Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain. Fungsi jaringan ikat antara lain sebagai berikut :
  • Melekatkan suatu jaringan ke jaringanlain.
  • Membungkus organ.
  • Mengisi rongga di antar organ.
  • Mengangkut zat oksigen dan makanan kejaringan lain.
  • Mengangkut sisa-sisa metabolisme kealat pengeluaran.
  • Menghasilkan kekebalan.

Jaringan Ikat disusun oleh tiga komponen :
1. SEL
2. SERABUT / FIBRES
3. SUBSTANSI DASAR / ground substance
                Tidak seperti jaringan epitel, jaringan ikat memiliki karakteristik dengan besarnya jumlah substansi intersellulernya. Jaringan Ikat sel - selnya relatif sedikit dan terpisah jauh satu sama lain.
                 Fungsinya sebagai jaringan pembangun tubuh dan perekat atau pengikat dari berbagai jenis jaringan. Karena adanya mechanical framework (skeleton).
Jenis - Jenis Sel
- Plasma Sel 
selnya bundar atau oval, dengan sitoplasma seperti basofil. nukleusnya bulat.
- Makrofag
bentuknya berubah - ubah, karena ini adalah fagositosis. di sitoplasma / lysosom. Sel ini sangat bermanfaat pada sistem imun.
- Mast Cell /Sel Mast
bentuknya relatif bulat. Sitoplasmanya menegandung heparin yang berfungsi sebagai anti koagulan dan perekat IgE. Banyak terdapat di LAMINA PROPRIA, pembuluh darah, sistem respirasi dan saluran pencernaan.
- Fibroblast
bentuknya bergulung - gulung, sitoplasma mengandung banyak retikulum endoplasma kasar dan Golgi complex. Memproduksi protein seperti kolagen, elastis, dan serabut retikular. Fibroblasy yang tidak aktif disebut fibrocyte lebih kecil dan hanya tersebar di kedua ujung permukaan sel..

0 komentar:

Back to Top